Taman Pelangi Jogja yang Hits dan kekinian
Info Wisata

10 Tempat Wisata Yogyakarta yang Hits dan Kekinian

Perlu anda ketahui Daerah istimewa Yogyakarta terbagi menjadi empat kabupaten yaitu :

 

– Disebelah barat kabupaten kulon Progo – Ibukota kabupaten Wates

 

– Disebelah timur kabupaten Gunungkidul – Ibukota kabupaten Wonosari

 

– Diseblah selatan kabupaten Bantul Ibukota – kabupaten Bantul.

 

– Disebelah Utara kabupaten Sleman – Ibukota kabupaten Sleman.

 

Setiap kabupaten mempunyai ciri khas tempat wisatanya sendiri dan yang sangat populer di kalangan para treveler. Di bagian Kulonprogo terdapat wisata alam perbukitan dan air terjun yang sangat eksotik. Di sebelah timur Yogya terdapat gua bawah tanah, dan wisata pantai dengan pasir putih yang sangat bagus.

 

Di sebelah Selatan terdapat pesona negeri diatas Awan dengan sebutan wisata Mangunan Jogja yang terdapat di kabupaten Bantul. Dan yang terakhir di sebelah utara kabupaten Sleman terdapat wisata gunung Merapi yang melegenda atau wisata puncak Kaliurang dan banyak tempat wisata edukasi di kabupaten Sleman ini.

 

Pariwisata di daerah istimewa Yogyakarta selalu meningkat setiap tahunnya. Jogja menjadi magnet wisatawan mancanegara dan domestik untuk selalu ingin berlibur ke Jogjakarta. Ada banyak alasan mengapa para wisatawan menghabiskan waktu liburan ke Jogja itu dikarenakan biaya yang sangat murah, transportasi mudah, kuliner yang enak dan murah, dan terdapat banyak spot wisata alam, wisata pantai, wisata goa, education, sejarah, budaya, serta surga nya oleh-oleh.

 

Dan di tahun 2020 ini Yogya juga banyak terdapat tempat-tempat wisata baru yang Hits serta kekinian . Berikut daftar list nya:

 

1. Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru ini adalah Destinasi wisata ketinggian yang terletak di bagian barat Yogyakarta. Anda bisa berfoto di atas ketinggian dari sebuah panggung dan pohon berlatar belakang jurang, anda tidak perlu khawatir terjatuh karena anda akan dibekali dengan alat pengaman ketika naik di panggung tinggi untuk berfoto.

 

2. Embung Nglanggeran ( Gunung Kidul)

Dari barat kita bergeser ke timur Jakarta tepatnya di daerah gunung kidul, Patuk, Yogyakarta, Embung Nglanggeran merupakan danau buatan yang dulunya diperuntukan sebagai irigasi masyarakat sekitar. Karena potensi wisata yang besar, membuat danau dengan pemandangan sangat menawan ini jadi tempat pelesiran favorit di Gunungkidul. Kamu bisa kesini kapanpun, karena wisata ini di buka 24 jam.

 

3. Gunung Api Purba

Tidak jauh dari Embung Ngelanggeran, ada bukit berbatu Gunung Api Purba. Tampak begitu eksotis dari kejauhan Jika dilihat dari ketinggian. Anda hanya butuh waktu 45 sampai 60 menit berjalan santai untuk tiba di puncaknya. Pemandangan yang akan kalian dapatkan setimpal dengan jarak tempuh yang melelahkan.

 

4. Kaliadem

Wisata Kaliadem terdapat di kawasan Kaliurang tepatnya di bungker Kaliadem. Pengunjung bisa berfoto dengan latar Gunung Merapi yang gagah tepat di belakang mu. Selain bisa berfoto, pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah letusan gunung Merapi, di tempat wisata ini pengunjung bisa merasakan kedamaian, dikarenakan hawanya yang sejuk,sepi, dan dapat di pastikan bisa melepas lelah.

 

5. Taman Pelangi

Kamu bisa mengunjungi wisata ini pada saat malam hari, jadi tidak hanya pilihan ke alun-alun kidul atau Malioboro saja yang sudah di kunjungi banyak orang untuk destinasi wisata malam. Taman Pelangi ini terdapat di Utara Jogjakarta, di jalan ring road Utara sariharjo, Kabupaten Sleman. Wisata taman Pelangi ini bernuansa dengan ratusan lampion yang tergantung. Taman Pelangi ini masih satu kawasan dengan museum monumen Jogja lho.

 

6. Upside Down World

Di Wisata Upside down world ini kamu bisa bertingkah konyol bersama sahabat atau pasanganmu karena tempat yang unik dan layaknya seperti dunia terbalik. Saat ini wisata Upside hanya ada 2 di Indonesia, di Jogja dan di Bali, lokasi upside dwon world ini berada di jalan ringroad Utara, Depok ,Jogja.

 

7. Air Terjun Kedung Pedut

Wisata ini terdapat di Desa Jatimulyo, kulon Progo. Kamu bisa bermain air sepuasnya, tak perlu kawatir karna tempat wisata ini sudah di lengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, tempat ibadah, hingga gajebo untuk beristirahat. Serta banyak pula warga sekitar yang menjual hasil panen seperti durian hasil perkebunan lokal dan juga warga sekitar yang ramah membuat atmosfer di wisata air terjun ini menjadi super duper nyaman.

 

8. Kebun Buah Mangunan

Tempat wisata ini berada di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul. Untuk mencapainya pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota atau kurang lebih 1 hingga 1,5 jam perjalanan. tetapi kelelahan selama perjalanan akan terbayar ketika sudah berada di lokasi wisata ini.

 

Di musim tertentu pengunjung bisa menikmati buah-buahan yang bisa dipetik sendiri seperti jambu,jeruk, dan mangga. Di kawasan wisata ini terdapat pula area outbound, berkemah, bahkan memancing. Bagian paling menarik dari kebun buah Mangunan ini adalah pemandangan alam yang sangat cantik, dilihat dari ketinggian kurang lebih 150- 200 mdpl. Serta pengunjung akan disuguhi dengan keindahan pesona sungai Oyo yang mengalir berkelok-kelok.

 

9. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan berlokasi berada sekitar 23 km dari pusat kota. Terdapat di desa Mangunan, Dlingo.
Destinasi hutan Pinus Mangunan ini terdapat deretan pohon pinus yang menjulang tinggi hingga menutupi seluruh kawasan.suasana alam yang segar dan teduh semakin membuat pengalaman memasuki hutan menjadi lebih menyenangkan sekaligus menantang, Dan anda bisa memotret sepuasnya.

 

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke hutan Pinus Mangunan adalah pada pagi hari sekitar 06:00 WIB hingga jam 10:00 WIB atau di sore hari pada 15:00 WIB hingga 18:00 WIB. Tidak ada biaya masuk namun dikenakan biaya parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

 

10. Gua Pindul

Gua Pindul adalah salah satu kawasan wisata di gunung kidul yang menawarkan keunikan tersendiri. Gua ini memiliki panjang 300 m dan terdapat stalaktit yang sangat besar di dalamnya. Konon, stalaktit ini merupakan salah satu yang paling besar di dunia. pada bagian dasar gua ada air yang mengalir sehingga pengunjung harus menggunakan ban dan alat pengaman selama menyusuri gua.

 

Pengunjung hanya perlu membayar Rp30.000 per orang untuk menyewa perlengkapan seperti ban, jaket pelindung, dan pemandu selama berada di dalam Gua Pindul. Perjalanan selama hampir 30 menit ini tidak akan terasa lama di dalam gua, di dalam Gua juga banyak hidup kelelawar yang menggantung di antara stalakit-stalaktit. Didalam kegelapan pemandu akan membantu anda untuk melihat menggunakan bantuan senter.

 

Nah menarik bukan, itulah beberapa tempat yang menurut kita orang oke dan rekomended dan Anda juga pasti ingin mengunjunginya. Yogyakarta memang kota ngangengin deh, gak ada habisnya kita membahas keindahan jogja karena spot wisatanya banyak dan murah juga pastinya. Terimakasih untuk pembaca semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.