Mengelola mental, Pengembangan Diri
Motivasi

3 Tips Mengelola Kekuatan Mental Dalam Pikiran Kita

Kita semua memiliki kekuatan mental tertentu. Tetapi selalu ada ruang untuk perbaikan. Mengembangkan kekuatan mental adalah tentang meningkatkan kemampuan Anda untuk mengatur emosi, mengelola pikiran, dan berperilaku positif, terlepas dari keadaan Anda.

 

Sebagaimana ada di antara kita yang cenderung mengembangkan kekuatan fisik lebih mudah daripada yang lain, kekuatan mental tampaknya juga datang lebih alami bagi sebagian orang.

 

Ada beberapa faktor yang berperan untuk menentukan kemudahan Anda mengembangkan kekuatan mental:

Genetika

Gen berperan dalam menentukan apakah Anda lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental, seperti gangguan mood atau tidak.

 

Kepribadian

Beberapa penulis memiliki ciri kepribadian yang membantu mereka berpikir lebih realistis dan secara alami berperilaku lebih positif.

 

Pengalaman

Pengalaman hidup Anda memengaruhi cara Anda berpikir tentang diri Anda, orang lain, dan dunia secara umum.

 

Terlepas dari faktor-faktor ini yang sebagian besar berada di luar kendali Anda, Anda dapat meningkatkan kekuatan mental Anda dengan mencurahkan waktu dan energi untuk pengembangan diri.

 

Untuk memahami kekuatan mental, Anda harus menyadari betapa terjalinnya pikiran, perilaku, dan perasaan Anda, seringkali bekerja sama untuk menciptakan spiral ke bawah yang berbahaya.

 

Oleh karena itu, mengembangkan kekuatan mental membutuhkan pendekatan tiga cabang. Kita harus mengatur pikiran, perilaku, dan emosi kita.

 

Berikut beberapa tip yang lebih spesifik tentang cara memperkuat dan mengelola pikiran, perilaku, dan emosi Anda.

1. Untuk memperkuat pikiran Anda, Anda harus mengidentifikasi pikiran-pikiran irasional dan menggantinya dengan yang lebih realistis.

2. Untuk memperkuat perilaku Anda, Anda harus berusaha untuk berperilaku positif, terlepas dari keadaan di sekitar Anda.

3. Untuk memperkuat emosi Anda, Anda harus berusaha untuk mengendalikan perasaan dan emosi Anda agar tidak mengendalikan Anda.

 

Psikolog percaya bahwa kita harus selalu berpikir positif. Sayangnya, optimisme saja tidak cukup untuk membantu Anda mencapai potensi penuh Anda. Yang harus Anda lakukan sebagai tambahan adalah memilih perilaku yang didasarkan pada emosi yang seimbang dan pemikiran rasional.

 

Menyeimbangkan Emosi dan Pemikiran Rasional

Kita dapat membuat keputusan terbaik dalam hidup ketika kita menyeimbangkan emosi kita dengan pemikiran rasional. Berhentilah dan pikirkan sejenak bagaimana Anda berperilaku ketika Anda benar-benar marah. Kemungkinan Anda telah mengatakan dan melakukan beberapa hal yang kemudian Anda sesali.

 

Namun, membuat pilihan berdasarkan pemikiran rasional saja juga tidak membuat keputusan yang baik. Kami adalah manusia dan bukan robot. Hati dan kepala kita perlu bekerja sama untuk mengontrol tubuh kita.

 

Kita semua mengalami kesulitan untuk mengendalikan pikiran, emosi, dan perilaku kita secara konsisten. Namun, semakin sering kita mengendalikannya, kita akan menjadi semakin tangguh secara mental. Dan ini adalah cara yang efektif untuk Anda lakukan agar sukses mengelola mental pada pikiran Anda.