Tips Menjaga Kesehatan Mental
Kesehatan

7 Tips Sederhana Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Bangun lebih awal, bermeditasi, berolahraga, dan mengisi kembali piring Anda dengan berbagai informasi sehat dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan fisik seseorang. Namun, di zaman yang serba cepat dan didorong oleh teknologi ini, tidak cukup hanya menjaga kesehatan fisik untuk mencapai kesejahteraan secara keseluruhan.

 

Karena kesehatan mental dan kesehatan fisik saling bergantung satu sama lain, maka penting untuk menjaga kesehatan mental untuk meningkatkan ketahanan dan memperkuat keyakinan untuk mengatasi segala macam rintangan selama berbagai tahap kehidupan. Pada saat yang sama, pikiran yang sehat bertindak sebagai benteng melawan penyalahgunaan zat, penyebab stres psikologis, dan kondisi buruk lainnya. Itu adalah elemen yang sangat diperlukan untuk menjalani hidup bahagia.

 

Meskipun budaya yang lazim pada umumnya dengan cepat mengabaikan gangguan dan kondisi mental sebagai masalah perilaku, mereka sama mematikannya dengan penyakit fisik. Sebagian besar stigma dan kesalahpahaman yang melekat pada gangguan jiwa sebagian disebabkan oleh keyakinan dan informasi yang tidak akurat.

 

Begitulah pentingnya kesehatan mental yang baik sehingga seseorang tidak boleh mengalami gejala gangguan kejiwaan untuk mengambil keputusan untuk merawat kesehatan mentalnya. Semua orang mendapat manfaat dari kerangka berpikir yang sehat dan positif, terlepas dari jenis kelamin, usia, status sosial, atau etnisnya.

 

Kesehatan mental seseorang menentukan cara dia akan merasakan, merespon, dan bertindak setiap hari. Ini juga mengarahkan pendekatan mengatasi stresnya, keterampilan pengambilan keputusan, interaksi sosial, dan sejenisnya.

 

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang:

 

1. Mulailah hari dengan secangkir teh hijau

Memulai hari dengan secangkir kopi telah dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah. Minuman panas lain yang meningkatkan kesehatan mental adalah teh hijau.

 

2. Selalu Bersyukur

Ketika seseorang menuliskan pikirannya atau menghitung berkat, itu membantu dalam mengakui dan menghargai siapa mereka dan apa yang mereka miliki. Penelitian menunjukkan bahwa mengungkapkan rasa syukur dalam buku harian (digital atau kertas) meningkatkan kesehatan mental seseorang dan memberikan kejelasan.

 

3. Menjalani Detoksifikasi Digital

Merupakan ide yang baik untuk keluar dari jaringan sesekali. Meskipun smartphone menawarkan komunikasi waktu nyata dan berbagai utilitas, banyak yang sering menemukan diri mereka kecanduan internet dan media sosial. Akibatnya, mereka terus-menerus memeriksa notifikasi dan peringatan email. Tinggalkan telepon untuk hari itu, terlibat dalam sesuatu yang menyenangkan atau manjakan diri dalam percakapan yang hangat dengan seseorang.

 

4. Fokus dengan Keyakinan

Ketakutan akan kegagalan, komitmen, dan menerima hukuman yang singkat sering kali menghalangi orang untuk mencoba sendiri hal yang selalu ingin mereka lakukan atau tingkatkan. Seperti kata pepatah, “Kamu tidak harus melihat seluruh anak tangga, ambil saja langkah pertama,” berfokus pada bergerak ke arah yang benar lebih baik untuk kesehatan mental seseorang daripada berada dalam situasi seperti jalan buntu. Daripada terus-menerus khawatir dan melihat ke belakang, seseorang harus menghadapi situasi saat dan ketika itu datang.

 

5. Jalan- jalan santai

Jalan-jalan, sebaiknya di tempat yang sunyi dan tenteram seperti taman atau di hutan, menanamkan energi dan persepsi baru. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan-jalan dikaitkan dengan peningkatan tingkat energi, pembakaran kortisol, perlindungan dari depresi, dan peningkatan kesejahteraan secara keseluruhan.

 

6. Tersenyumlah Sesuka Anda

Menunjukkan ekspresi bahagia di saat stres dan periode sulit mungkin terlalu banyak untuk diminta. Namun, ternyata tersenyum adalah mekanisme penanganan yang efektif karena dapat menurunkan detak jantung dan memiliki efek menenangkan. Faktanya, alasan lain untuk menerapkan praktik sehat ini adalah bahwa tersenyum menggunakan lebih sedikit otot daripada mengerutkan kening, sehingga melindungi wajah dari munculnya garis kerutan dan kerutan.

 

7. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif dapat membantu menjaga kesehatan mental menjadi lebih baik, Oleh karenanya perlu untuk menjaga pikiran kita menjadi positif agar terhindar dari perasaan yang negatif.

 

Pikiran terlalu berharga untuk disia-siakan. Untuk mewujudkan keseimbangan yang sehat dalam hidup, penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Terkadang, kelalaian kesehatan mental merupakan faktor risiko yang signifikan untuk terjadinya gangguan kejiwaan. Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa mencari bantuan dalam kasus-kasus seperti itu bukanlah tanda kelemahan tetapi kekuatan.