Wisata Pantai dan Danau Padang Bai
Info Wisata

Beragam Pantai dan Danau Tempat Wisata Pelabuhan Padang Bai Bali Yang Wajib di Kunjungi

Pulau Bali, Indonesia kini sudah menjadi salah satu tujuan wisata populer di dunia. Salah satu yang menjadi incaran para pelancong lokal maupun manca negara adalah pelabuhan Padang Bai.

 

Padang Bai merupakan pelabuhan di kawasan timur provinsi Bali. Padang Bai berlokasi di kabupaten Karangasam. Pelabuhan yang berada di Bali Timur ini tidak hanya sebagai jalur penyeberangan yang menghubungkan keluar masuk ke Pulau Bali dan Lombok. Namun pelabuhan ini juga menawarkan beberapa objek wisata pantai.

 

Pantai Padang Bai ini memiliki sejarah, Nama Padang Bai diberikan oleh Belanda, dahulunya Desa ini bernama Padang. karena letaknya berada di teluk dangkal perairan tenang, Belanda berusaha menjadikan Bali sebagai wilayah jajahannya.  Bai Dalam bahasa Belanda berarti Teluk. masyarakat lokal lebih mengenal dengan nama Padang Teluk.

 

Pelabuhan Padang Bai memiliki view yang sangat mempesona yang mampu membuat pengunjung berlama-lama menghabiskan waktu berlibur di kawasan ini. Apalagi sekitar pelabuhan ini terdapat banyak tempat wisata keren yang sangat mudah sekali dijangkau oleh para wisatawan.

 

Berikut ini 7 tempat wisata keren dan indah sekitar pelabuhan Padang Bai yang wajib dikunjungi :

 

1. Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel atau yang populer dikenal dengan white sand beach. Pantai ini berada di sebelah selatan Pelabuhan Padang Bai, Pantai ini hanya berjarak sekitar 900 meter dari Pelabuhan Padang Bai. Lokasinya yang terpencil dan tersembunyi, sehingga menjadi salah satu pantai tersembunyi atau Hidden Beach di Bali. Pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing.

 

Pantai ini memiliki pasir putih, air laut yang jernih dan memiliki garis pantai yang tidak terpanjang sekitar 200 meter, pantai ini sangat unik karena di kanan dan kiri pantai diapit oleh bebatuan karang yang berwarna hitam. di pantai ini juga terdapat spot yang bagus untuk bersnorkling dan spot menyelam terbaik di Bali.

 

2. Pantai Silayukti

Pantai Silayukti merupakan salah satu pantai terdekat yang ada di pelabuhan Padang Bai. Tidak jauh dari pantai ini terdapat sebuah tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Silayukti yang menjadi asal usul nama pantai ini.

 

Pantai Silayukti juga dikenal dengan nama Pantai Padang Bai. Pantai ini memiliki pasir putih yang masih alami, Pantai ini menjadi salah satu spot terutama bagi para pemancing dan para penyelam karena pesona bawah lautnya memang benar-benar menakjubkan. Pantai Silayukti ini berjarak sekitar 700 meter dari pelabuhan Padang Bai.

 

3. Pantai Labuhan Amuk

Pantai Labuhan Amuk berada di sebelah utara dari pelabuhan penyeberangan Bali -Lombok dan berjarak sekitar 3 kilometer . Pantai ini sangat cocok untuk tempat bersantai sambil menyaksikan keindahan alam laut. Pantai ini memiliki laut dengan air yang relatif lebih tenang sehingga sangat cocok untuk aktivitas watersport di Bali.

 

Di pantai Labuhan Amuk ini memiliki wahana untuk melihat pesona bawah laut yang bernama Submarine Odyssey yang sangat populer bagi wisatawan mancanegara. Jika para pengunjung ingin menikmati pesona pantai dan bawah laut dengan kapal selam silakan berkunjung ke Pelabuhan Amuk di desa Antiga, kecamatan manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

 

4. Pantai Padang Kurungan

Pantai Padang Kurungan lebih dikenal dengan nama Blue Lagoon Beach. Yang berjarak sekitar 1,4 km dari pelabuhan Padang Bai. Pantai ini berada di sebelah utara pantai Silayukti yang berjarak sekitar 400 meter. Pantai ini terletak di Balik bukit sehingga terkesan tersembunyi.

 

Pantai Padang Kurungan merupakan pantai yang memiliki pasir putih yang indah dengan tekstur pasir yang unik seperti merica. Pantai ini pun memiliki air laut yang jernih dan tenang dengan pemandangan bawah laut yang indah dan mempesona. Di pantai Padang Kurungan ini para pengunjung bisa menikmati wisata alam bawah laut dengan cara snorkeling maupun diving.

 

5. Danau Yeh Malet

Danau Yeh Malet berjarak 5,3 km dari Pelabuhan Padang Bai, tepatnya berada di desa Yeh Malet, kecamatan manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

 

Danau Yeh Malet sedang hits di sosial media, keindahan danau ini tidak kalah cantik dengan danau lainnya, namun danau ini tidak sedingin danau lainnya yang ada di Bali dikarenakan lokasi danau ini berada di dataran rendah yang hawa udaranya sedikit panas. di danau ini terhampar tumbuhan eceng gondok di tengah danau menambah indah kawasan ini, dan disini terdapat spot selfy yang disediakan oleh pengelola danau.

 

6. Pantai Wates

Wates yang berarti batas, sesuai dengan namanya pantai Wates berada di perbatasan antara Kabupaten Klungkung dengan Kabupaten Karangasem. Namun tetapi pantai ini masih dalam wilayah Kabupaten Karangasem. Pantai Wates ini berjarak sekitar 6,8 km dari Pelabuhan Padang Bai.

 

Pantai Wates menawarkan pesona alam pantai pasir hitam yang sangat indah, di pantai ini terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Lokasi Pantai Wates berada di Banjar Yeh Malet,Desa Antiga Kelod, kecamatan manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

 

7. Pantai Yeh Malet

Tidak hanya danau yang terdapat di desa Yeh Malet, di desa ini juga memiliki pantai yaitu Pantai Yeh Malet . Pantai ini berlokasi di Banjar Yeh Malet, Desa Antiga Kelod , Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

 

Pantai Yeh Malet ini berjarak sekitar 6,3 km dari Pelabuhan Padang Bai. Pantai Yeh Malet biasanya dijadikan tempat berburu panorama sunrise di Bali Timur. Di siang hari para wisatawan akan disajikan dengan pemandangan berjajarnya jukong-jukong nelayan yang menambah indahnya kawasan pantai ini.

 

Tidak hanya melihat keindahan pantai, di pantai ini para wisatawan akan disuguhkan dengan adanya aktivitas para petani pembuat garam tradisional yang menambah nilai plus dari pantai ini, karena pantai Yeh Malet merupakan sentra pembuatan garam tradisional.