4 Penyakait Buang Air Kecil Sakit
Kesehatan

Inilah 4 Penyakit yang Ditandai dengan Buang Air Kecil (TC) Sakit

Buang air kecil (TC) merupakan hal yang wajar karena justru apabila Anda tidak bisa untuk buang air kecil maka hal tersebut menandakan penyakit. Tetapi intensitas buang air kecil tersebut juga harus diperhatikan karena apabila Anda sering buang air kecil dalam sehari maka tentunya ada yang sedang tidak beres.

 

Karena biasanya buang air kecil secara sering disebabkan oleh udara dingin, karena terlalu banyak minum, ataupun karena menggunakan jenis obat-obat tertentu. Sehingga apabila tetap mempunyai intensitas buang air kecil yang sering tetapi bukan karena beberapa penyebab yang telah disebutkan, maka bisa jadi hal tersebut menjadi tanda penyakit.

 

Adapun beberapa penyakit yang ditandai dengan sering buang air kecil adalah:

 

1. Kanker prostat

 

Jenis penyakit pertama yang bisa ditandai dengan buang air kecil terlalu sering adalah kanker prostat. Penyakit ini merupakan akibat dari sel kanker yang ada pada bagian kelenjar prostat sehingga membuat prostat membesar. Penyakit kanker prostat ini hanya menyerang pada lelaki saja dan ditandai dengan sering buang air kecil.

 

Gejala tersebut merupakan gejala awal yang kemudian juga akan diikuti dengan tanda lainnya seperti buang air kecil yang terasa sakit, aliran darah menjadi lemah, air kencing berdarah, dan juga diikuti dengan rasa panas.

 

2. Infeksi saluran kencing

 

Penyakit lainnya yang ditandai dengan buang air kecil (TC) adalah infeksi saluran kencing. Penyakit infeksi saluran kencing ini akan menyerang beberapa bagian seperti uretra, ureter, ginjal, dan juga kandung kemih. Anda akan mempunyai intensitas buang air kecil yang tinggi dan sering karena terjadi infeksi pada saluran kencing bagian bawah.

 

Selain itu penyakit infeksi saluran kencing ini juga akan ditandai dengan buang air kecil disertai dengan darah. Sehingga apabila terjadi dua tanda tersebut Anda harus segera mengambil tindakan dengan memeriksakannya pada dokter.

 

3. Kanker kandung kemih

 

Salah satu penyakit yang sudah terkenal ditandai dengan intensitas buang air kecil secara terus menerus dan dalam intensitas yang tidak wajar dalam satu hari adalah kanker kandung kemih.

 

Penyakit ini menyerang kandung kemih yang merupakan organ berongga yang mempunyai tugas untuk mengumpulkan urin dan juga mengeluarkannya dari tubuh. Kanker kandung kemih dapat terjadi karena adanya pertumbuhan abnormal sel kandung kemih yang pada umumnya menyerang pria.

 

4. Prostatitis

 

Dan penyakit lainnya yang dapat ditandai dengan buang air kecil (TC) berlebihan adalah prostatitis. Penyakit ini berbeda dengan kanker prostat, karena prostatitis bukanlah kanker melainkan hanya peradangan yang terjadi pada bagian prostat.

 

Prostatitis akan mengakibatkan prostat menjadi bengkak dan meradang karena terjadi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat juga terjadi karena jangka efek panjang dari infeksi saluran kencing yang tidak pernah diobati.