Lampu Hid Mobil
Otomotif

Lampu HID Mobil, Kecil Namun Penuh Manfaat

Di setiap jenis mobil baik mobil sport ataupun angkutan umum sekalipun pasti memiliki sistem penerangan. Bicara tentang sistem penerangan pasti berkaitan dengan lampu. Dan, akhir-akhir ini yang banyak diperbincangkan dalam dunia otomotif adalah lampu HID. Lampu HID sekarang ini telah banyak digunakan untuk mobil ataupun motor di berbagai wilayah Indonesia. Sekarang ini, Anda pasti bertanya-tanya apa itu lampu HID mobil? Untuk para penggemar otomotif pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah ini. HID adalah kepanjangan dari High Intensity Discharge. Lampu HID memiliki ciri khas tersendiri sehingga berbeda dengan lampu yang lain. Ciri tersebut terlihat dari penyusunnya yang terdiri dari filament dan tabung pijar. Selain itu, lampu ini juga memberikan penerangan yang baik bagi mobil Anda.

Jenis dari lampu ini pun bermacam-macam. Salah satunya tergantung dari tingkat tegangannya disertai dengan warna. Ada yang 3000K yang berwarna kuning yang merupakan derajat kelvin terendah. Dan yang tertinggi 15.000K yang memiliki warna pink. Ada pula yang berdasarkan tipe lampu HID ini antara lain model H1, H3, H4, dan seterusnya. Yang membedakan antara tipe satu dengan yang lainnya adalah kedudukan dari bohlam tersebut.

Selain menarik dan indah, lampu HID mobil juga memiliki berbagai manfaat. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

• Memiliki daya konsumsi yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan bohlam halogen atau bohlam biasa.

• Sinar yang dipancarkan oleh lampu ini mendekati sinar matahari sehingga pancaran cahayanya jelas lebih terang. Walaupun cahayanya lebih terang, lampu ini tidak akan menyilaukan pengendara dari arah yang berlawanan.

• Dari segi umur, lampu HID ini lebih lama dibandingkan dengan bohlam lampu yang lainnya.

• Memiliki derajat kelvin yang variatif.

Berkaitan dengan umur, semua lampu pasti memiliki batas pemakaian, lampu jenis ini pun sama. Tetapi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan di saat Anda ingin mengganti lampu HID ini dengan yang baru, yaitu:

• Pastikanlah bahwa Anda telah mematikan power lampu HID ini sebelum melakukan penggantian dengan lampu HID yang baru.

• Pastikanlah tidak ada air/kondisi basah baik di sekitar lampu HID maupun tangan Anda saat hendak memeriksa keadaan lampu.

• Hindarilah menyentuh bagian permukaan kaca lampu HID dengan tangan langsung. Dikhawatirkan tangan Anda berkeringat dan keringat itu pula yang akan memperpendek umur lampu tersebut.

• Periksalah kembali apakah lampu sudah terpasang dengan baik dan benar sebelum Anda akan menyalakan saklar lampu HID ini.

Demikian ulasan informasi tentang lampu HID mobil kali ini. Semoga bermanfaat bagi Anda. Dan yang terpenting adalah jangan asal pilih lampu HID yang berdampak pelanggaran peraturan lalu lintas.