Lego
Hobi

Manfaat Bermain Lego Bagi Anak

Memiliki anak tentu adalah hadiah paling indah untuk setiap pasangan. Dengan kehadiran anak, maka rumah tangga akan terasa kian ramai dan menyenangkan. Ketika anak sedang bertumbuh, aktivitas yang banyak dilakukannya adalah bermain.

 

Kadang ada orang tua yang salah menafsirkan dimana bermain ini aktivitas yang tidak bermanfaat sama sekali. Namun sebetulnya bermain ini juga bisa memberikan manfaat bagi anak karena bisa dukung pembelajarannya juga. Salah satu mainan yang bisa digunakan untuk dukung kreativitas anak adalah mainan lego.

 

Lego adalah permainan yang berbentuk plastik bongkah kecil yang telah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. bongkahan plastik kecil tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda dimana bisa disatukan menjadi bentuk yang beragam sesuai dengan imajinasi dan kreativitas.

 

Bongkahan kecil itu dapat disusun jadi bentuk gedung, mobil, kereta dan masih banyak lagi sesuai dengan imajinasi pemainnya sehingga bentuknya pun tanpa batas.

 

Tidak bisa dipungkiri jika di kalangan anak-anak, mainan yang satu ini memang sangat difavoritkan karena selain bisa dimainkan sendiri juga bisa dimainkan secara bersama-sama dengan teman lainnya.

 

Namun hingga saat ini banyak sekali orang tua yang menganggap jika mainan ini tidak ada manfaatnya dan melarang anak terlalu banyak memainkannya. Padahal sebetulnya lego juga bisa memberi manfaat pada anak, diantaranya:

 

1. Anak dapat mengenal ukuran, bentuk dan warna

 

Pembelajaran tak hanya bisa dilakukan antara guru dan murid dalam sebuah kelas yang serius. Namun sebetulnya pembelajaran pun juga bisa dilakukan dalam sebuah permainan yang menyenangkan sehingga peran orang tua di sini pun sangat besar.

 

Anda bisa membuat anak belajar dengan mainan lego diantaranya dengan belajar berbagai macam bentuk dan perbedaannya, belajar warna hingga belajar ukuran. Namun sebagai orang tua, tentu Anda harus membimbing si kecil sehingga bisa lebih terarah.

 

2. Meningkatkan kreativitas

 

Seperti yang sudah dipaparkan di awal dimana lego merupakan permainan yang berbentuk plastik bongkah kecil dimana bisa disatukan menjadi bentuk yang beragam sesuai dengan imajinasi dan kreativitas. Bongkahan kecil itu dapat disusun jadi bentuk gedung, mobil, kereta dan masih banyak lagi sesuai dengan imajinasi pemainnya sehingga bentuknya pun tanpa batas.

 

Itulah mengapa imajinasi dan kreativitas itulah yang jadi batas dalam bentuk susunan legonya. Dengan demikian anak juga akan bisa terbantu dalam hal kreativitas dan pemecahan masalah ketika dirinya membentuk sebuah bentuk tertentu dari lego itu sendiri.

 

3. Ajang berlatih koordinasi

 

Saraf motorik halus pada anak harus terus dilatih sehingga bisa berkembang dengan maksimal. Lego ini ternyata juga bisa jadi media untuk bisa menjadikan saraf motorik halus pada anak kian terkoordinasi karena lego menuntut anak berfikir dalam membuat suatu bentuk, mata melihat pada lego dan tangan untuk membentuk apa yang Ia imajinasikan menjadi nyata.

 

4. Meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi

 

Bermain lego pun bisa dilakukan secara bersama-sama dan tak melulu hanya sendirian di rumah. Jika anak bermain bersama teman, maka hal ini akan menjadikan anak berlatih untuk bisa sosialisasi dan komunikasi. Anak juga bisa berlatih lebih empati dan berbagi dimana meminjamkan mainannya kepada teman.

 

Ternyata manfaat anak bermain lego banyak sekali bukan? Kini Anda bisa mendapatkan mainan lego secara mudah hanya dengan memesannya di situs belanja online. Harganya pun sangat bervariasi sesuai dengan jumlah, ukuran dan banyaknya lego di dalamnya.