Online Shop
Info

Mau Bikin Online Shop Sendiri?. Simak Nih Tipsnya!

Memiliki sebuah usaha sendiri kini tak harus dibuktikan dengan memiliki sebuah toko atau bangunan tempat dimana kita bekerja. Sebuah usaha online misalnya, bisa memberikan pemasukan yang tak kalah dengan bisnis dunia nyata yang menggunakan sarana tempat nyata yang justru membutuhkan banyak biaya.

 

Bisnis online hanya membutuhkan wadah di dunia maya yang bisa menggunakan sebuah website, blog hingga toko online. Dengan begitu biaya yang harus Anda keluarkan untuk bisa memiliki bisnis sendiri lebih terjangkau. Tetapi usaha online bukan hanya menawarkan kelebihan namun juga memiliki kekurangan. Hal ini terutama untuk bisnis online shop.

 

Ada kekhawatiran bagi mereka yang belum pernah berbelanja dimana mereka menjadi takut apabila ditipu oleh si pemilik online shop tersebut karena belum pernah bertatap muka. Karenanya membangun sebuah online shop terpercaya menjadi salah satu syarat agar bisnis jual beli online Anda di dunia maya langgeng dan membuahkan banyak keuntungan.

 

Sebelum menuju ke pembahasan lebih detail, Anda perlu mengetahui dahulu apa saja jenis-jenis online shop yang dibedakan dari sarana penggunaan media onlinenya. Berikut ini adalah beberapa jenis online shop dimana salah satunya bisa Anda pilih untuk menjadi wajah bisnis online Anda:

 

1. Online shop berbasis web.

2. Online shop berbasis media sosial.

3. Online shop berbasis situs jual beli induk.

4. Online shop berbasis media chatting.

 

Ada beberapa plus minus yang bisa diperoleh dari masing-masing jenis online shop di atas. Garis besarnya adalah semakin tinggi Anda membayar maka semakin komplit fitur yang akan Anda dapatkan.

 

Setelah Anda memiliki salah satu jenis dari online shop tersebut, maka tugas Anda kemudian adalah membuat bisnis Anda sebagai sebuah online shop terpercaya dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

 

• Untuk penjualan produk barang, sebisa mungkin Anda menjual produk yang sudah ada di stok gudang sehingga Anda bisa memotretnya dengan leluasa dan juga bisa memberikan gambar atau video lain jika diminta oleh calon pembeli.

 

• Tulis keterangan detail mengenai produk yang dijual termasuk kekurangannya. Kekurangan disini biasanya dimiliki oleh barang bekas sehingga calon pembeli juga sudah mengetahui kekurangannya sehingga bisa dibandingkan dengan harga jual.

 

• Lakukan fast respon dengan pembeli. Biasanya pembeli akan melakukan chat terlebih dahulu untuk menanyakan jenis, warna atau ukuran dari stok barang yang ada. Pembeli akan lebih menyukai berbelanja di toko dengan penjual yang memberikan respon cepat. Jawaban pertanyaan si pembeli secepatnya dengan cara menghubungkan toko online Anda dengan notifikasi dari gadget.

 

• Berikan ruang review kepada pembeli. Ruang review memberikan bukti bahwa Anda merupakan penjual yang bertanggung jawab. Review positif atau negatif dari pelanggan bisa Anda jadikan pemacu semangat menjadi lebih baik lagi. Jangan segan meminta maaf jika ada pelanggan yang kecewa dengan pelayanan dan produk Anda dan jadikan hal tersebut masukan agar tak terulang lagi.

 

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun sebuah online shop terpercaya. Sebuah kepercayaan tidak bisa dibeli atau didapatkan dengan instan, sebuah kepercayaan perlu dipupuk dan dibangun terus menerus agar selalu memberikan manfaat.

 

Perlu diingat bahwa proses untuk membangun kepercayaan memerlukan waktu seumur hidup namun untuk menghancurkannya hanya perlu waktu satu kali saja. Karenanya jangan mengecewakan pelanggan dengan menganggap sepele sebuah feedback negatif atau komplain yang diberikan pada Anda.