Sepatu Futsal Terbaik
Sport

Memilih Sepatu Futsal Terbaik

 

Futsal adalah salah satu cabang permainan sepak bola, dimana pemain dalam satu grupnya hanya terdiri dari lima orang. Futsal berasal dari Montevideo, Uruguay, dan mulai masuk di Indonesia pada tahun 1999, namun baru berkembang pada awal tahun 2000an. Yang membuat futsal berbeda adalah permainan cabang olah raga sepak bola ini dimainkan di dalam ruangan atau biasa disebut dengan stadium. Karena arena bermain yang berbeda dengan sepak bola, maka perlengkapan yang dibutuhkan pun akan berbeda. Salah satu perlengkapan yang wajib dikenakan oleh para pemain futsal adalah sepatu futsal.

Di Indonesia sendiri futsal telah memiliki penggemar fanatik tersendiri, banyak diantara anak muda bahkan sampai orang tua memainkan cabang olah raga ini. Namun dalam memainkannya sering kita melihat mereka memakai perlengkapan asal-asalan khususnya sepatu, tanpa memikirkan resiko yang bisa terjadi jika tidak memakai sepatu standar untuk permainan futsal. Lalu bagaimana dan seperti apa sepatu yang baik untuk bermain futsal?

Sepatu khusus untuk olah raga futsal sebetulnya telah banyak dijual di toko-toko sport. Jika Anda penggemar olah raga ini pasti Anda telah mengetahuinya, namun demikian ada baiknya Anda berhati-hati dalam membeli sepatu untuk futsal karena banyak beredarnya sepatu dengan kualitas aspal, sehingga tidak nyaman dan tidak dapat memberikan jaminan melindungi kaki Anda saat bermain olah raga ini.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan membeli sepatu futsal, antara lain:

1. Bahan Sepatu
Dalam dunia futsal bahan sepatu yang banyak beredar di pasaran adalah sepatu dengan bahan kain, kulit, karbon dan imitasi. Bahan terbaik untuk sepatu olah raga ini adalah yang terbuat dari serat karbon. Karena sifat ringan dan kuat yang dimiliki oleh serat karbon akan membuat penggunanya merasa nyaman.

2. Model Permukaan Atas dan Bahan Pelapis Dalam Sepatu
Model permukaan atas ini sangatlah penting diperhatikan pada saat akan membeli sepatu untuk futsal, terutama bagian depannya, karena bagian depan ini nantinya selalu digunakan untuk menendang dan menggiring bola pada saat melakukan permainan. Perhatikan bentuk jahitan dan bahan pelapis dalam dari desain permukaan atas sepatu ini. Pilihlah sepatu dengan permukaan atas yang terbuat dari bahan kulit, karena bahan ini lebih lentur dan nyaman untuk digunakan. Sebisa mungkin hindari permukaan atas sepatu dengan bahan sintetis karena bahan ini sedikit kaku dan tidak flexible bagi pemakainya.

3. Sol Sepatu
Pilihlah sepatu dengan sol yang pas, jangan memilih sepatu dengan bahan sol yang terlalu lembek dan terlalu keras, pilihlah sol dengan lapisan yang tebal, hal ini dimungkinkan untuk melindungi kaki Anda dari benturan saat melakukan pergerakan pada saat bermain futsal.

4. Tipe Sepatu
Tipe sepatu dalam futsal dibedakan menjadi 2 yaitu tipe untuk indoor dan turf. Sepatu untuk tipe indoor biasanya lebih flexible karena dapat digunakan untuk berbagai jenis lapangan seperti lapangan dari semen, vinyl dan lain-lain. Sedangkan tipe turf hanya bisa digunakan untuk lapangan jenis turf.

5. Budget dan ukuran
Jika ingin membeli sepatu untuk bermain futsal maka sesuaikan dengan budget dan ukuran sepatu yang pas dengan ukuran kaki Anda.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan membeli sepatu futsal. Ada baiknya saat akan membeli sepatu tersebut, Anda meminta referensi terlebih dahulu kepada teman atau kerabat yang telah berpengalaman sebelumnya, sehingga anda dapat memilih toko yang tepat. Jagalah selalu keselamatan anda dalam berolah raga dengan memakai perlengkapan standar yang telah ditentukan.