Manfaat Komunikasi Akurat
Komunikasi

Meningkatkan Komunikasi Dalam Berbicara Secara Akurat Berikut 4 Manfaatnya

Berapa kali Anda berusaha keras untuk mendengar dengan tepat apa yang dikatakan seseorang? Mungkin karena pengeras suara tidak cukup keras, tetapi lebih sering, ini karena ketidak mampuan pembicara untuk berbicara dengan jelas. Jika Anda ingin menjadi pembicara yang percaya diri maka jangan mengabaikan keuntungan dari pengucapan Anda, jelas dan benar.

 

Seringkali kita menemukan kasus dalam berbicara yang kurang jelas dapat membuat salah tujuan, dalam arti niat kita baik namun karena salam pengucapan bisa di salah artikan oleh orang yang mendengarnya. Oleh karena itu, perlunya kemampuan berbicara agar bisa memudahkan Anda dalam menyampaikan sesuatu.

 

Nah, kali ini bagi Anda yang memiliki kendala berbicara yang kurang jelas, pada ulasan kali ini akan di berikan apa saja manfaat yang didapat ketika kita memiliki kemampuan berbicara dengan baik. Berikut empat keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

 

1. Pengucapan yang Benar

 

Pengucapan yang Benar penting untuk menunjukkan bahwa Anda mengenal nama seseorang, atau lokasi regional, atau terminologi unik. Selalu periksa terlebih dahulu jika Anda memiliki sedikit keraguan tentang bagaimana sebuah kata diucapkan sebelum Anda menyampaikan presentasi, berbicara di podcast, radio, video atau televisi, atau mewawancarai seseorang.

 

Misalnya, suatu hari saat mendengarkan acara radio nasional dari Toronto, Ontario, penyiar salah mengucapkan nama kota pedesaan terdekat, Elmira, beberapa kali saat dia memimpin wawancara yang akan datang. Tidak sampai wawancara yang sebenarnya terjadi, dia akhirnya mengoreksi pengucapannya; untungnya, semua orang lega karena kesalahan ini.

 

Pengucapan yang salah dapat berdampak besar bagi pendengar Anda terutama, jika Anda memberikan laporan jalan atau lalu lintas dan salah mengucapkan nama jalan. Bahkan mengatakan “Jalan” dan bukan “Jalan” dapat menimbulkan kebingungan dan mengarahkan pendengar ke area yang salah.

 

Kesalahan ini bisa menjadi bumerang bagi Anda sebagai pembicara profesional. Namun, jika Anda memiliki kemampuan pengucapan yang baik, Anda tidak akan ditertawakan; melainkan, dikagumi.

 

2. Pengucapan yang Jelas

 

Dengan awal dan akhir kata-kata Anda yang diucapkan dengan jelas memastikan bahwa audiens Anda memahami pesan Anda dengan lebih baik. Pemanasan otot bicara Anda dengan beberapa latihan akan menjaga artikulator Anda (bibir, gigi, lidah, mulut, langit-langit, rahang) dalam kondisi prima.

 

Gunakan pernapasan diafragma untuk memproyeksikan suara Anda lebih keras. Selain itu, buka mulut Anda lebih lebar untuk menghindari bergumam saat pasangan Anda berbicara dengan jelas. Pendengar Anda menjadi lebih memperhatikan isi pidato Anda karena keakuratan kata-kata Anda.

 

3. Keyakinan yang Lebih Baik

 

Keyakinan yang Lebih Baik adalah hasil dari memiliki keterampilan artikulasi yang baik. Kecepatan pengiriman Anda akan meningkat. Audiens Anda akan memberikan umpan balik positif untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda. Bukankah itu yang kita semua inginkan, dengan begitu para audiens bisa memahami apa yang Anda bicarakan.

 

4. Anda Akan dikenal Dengan Orang yang Memiliki Karakter Berbeda

 

Dengan berbicara yang jelas dan mudah dipahami oleh para audiens, Anda akan memiliki karakter sendiri serta berbeda dengan orang lain. Sehingga akan mudah untuk diingat oleh orang lain. Di samping itu juga, berbicara yang jelas dapat memberikan pemahaman kepada setiap orang untuk bisa di mengerti bagi setiap kalangan para pendengar Anda.

 

Rekam diri Anda untuk menentukan apakah Anda berbicara dengan jelas. Jika belum, sekarang saatnya Anda fokus pada peningkatan kejernihan ucapan untuk menarik pendengar Anda. Terus tingkatkan kemampuan dalam berbicara. Karena ini sangat penting untuk kelangsungan dalam berbisnis.