Layanan Bidang Kesehatan
Kesehatan Pelayanan

Pemenuhan Standar Minimal Layanan di Bidang Kesehatan Untuk Tingkatkan Customer Experience

Standar Pelayanan Minimal (SPM) merupakan dokumen yang berfungsi sebagai acuan dalam menjalankan aktivitas pelayanan kepada pelanggan atau masyarakat umum yang menggunakan sebuah layanan khusus, termasuk di bidang kesehatan.

 

Dalam bidang kesehatan sendiri, standar pelayanan minimal bisa diartikan sebagai dokumen khusus yang berisi tentang ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar minimal, dan merupakan salah satu kewajiban pemerintahan wajib dalam memberikan hak kesehatan kepada warga negara.

 

Ada beberapa fasilitas yang wajib dihadirkan sebagai bagian dari standar pelayanan minimal di bidang kesehatan. Di referensikan dari situs customer experience expert CXSense.com, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Standar Layanan Logistik

Standar pelayanan layanan logistik di unit pelayanan kesehatan masyarakat terdiri dari beberapa item, penting, mulai dari bangunan fisik sebagai tempat aktivitas memberikan layanan kesehatan, seperti rumah sakit umum, rumah sakit khusus untuk penyakit tertentu, puskesmas, dan lainnya.

Dalam layanan bangunan fisik tersebut terdapat beberapa item wajib yang termasuk dalam kategori pendukung layanan logistik, diantaranya perangkat standar kesehatan, obat-obatan, makanan utama dan makanan pendamping, ambulance, dan perlengkapan pendukung pribadi.

 

2. Standar Layanan SDM

Standar pelayanan minimal di bidang kesehatan harus didukung oleh SDM atau Sumber Daya Manusia yang mumpuni. Dalam hal ini, sebuah fasilitas kesehatan umum wajib dilengkapi dengan dokter umum, dokter spesialis, perawat dan komponen pendukung lainnya.

Selain itu, ada juga standar minimal untuk sumber daya manusia terlatih, seperti apoteker, tenaga penyuluh, tenaga kesehatan masyarakat untuk urusan gizi, dan tenaga bantu seperti tenaga khusus yang mengurusi administrasi dan lainnya.

 

3. Petunjuk Teknis

Petunjuk teknis merupakan dokumen khusus yang berfungsi sebagai panduan dalam menjalankan aktivitas pelayanan kesehatan untuk setiap unit atau divisi. Misalnya untuk perawat, terdapat beberapa petunjuk khusus yang berkaitan dengan penanganan pasien, sesuai dengan kondisinya.

Petunjuk teknis ini termasuk di dalamnya aturan penggunaan APD untuk ruang isolasi atau ruang khusus penanganan penyakit menular, petunjuk teknis Instalasi Gawat Darurat, petunjuk teknis penggunaan kartu atau dokumen jaminan kesehatan dari pemerintah, dan lainnya.

 

Fungsi Standar Pelayanan Minimal di Bidang Kesehatan

Seperti dijelaskan di atas, tujuan utama dari standar pelayanan minimal di bidang kesehatan adalah, memenuhi hak kesehatan bagi seluruh warga negara. Dengan terpenuhi semua standar pelayanan minimal, ada beberapa manfaat yang bisa didapat, diantaranya:

  • Masyarakat lebih mudah mengakses fasilitas kesehatan, dengan biaya yang lebih terjangkau.
  • Program kesehatan masyarakat merupakan program pendukung peningkatan produktivitas, sekaligus peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.
  • Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah, khususnya di bidang kesehatan, akans emakin meningkat.
  • Adanya program penyuluhan akan membuat tingkat kesadaran masyarakat terkait pentingnya kesehatan akan semakin meningkat.
  • Masyarakat lebih mudah mengakses informasi tentang kesehatan, langsung dari sumber yang bisa di pertanggung-jawabkan secara ilmiah.
  • Program kesehatan sebagai pendukung dari program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.
  • Masyarakat bisa ikut mengawasi kinerja unit kesehatan, sesuai dengan standar pelayanan minimal yang wajib mereka terima.
  • Dengan adanya standar pelayanan minimal, tenaga kesehatan akan lebih mudah menjalankan tugas pelayanannya.

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapat dari adanya standar pelayanan minimal di bidang kesehatan. Namun dari semua itu, tujuan utama dirumuskan nya standar pelayanan minimal adalah, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, sebagai bagian dari kewajiban pemerintah dalam memenuhi hak kesehatan bagi seluruh warga negara.

#WritingCompetitionCXSense