Mengajari Etika Makan Kepada Anak
Info

Pentingnya Mengajari Tata Krama Anak Saat Di meja Makan

Pentingnya etika makan yang baik tidak dapat dihindari dalam pertemuan sosial dan profesional di mana Anda ingin menampilkan diri Anda sebagai anggota masyarakat yang terhormat dan berbudi.

 

Tata krama meja yang buruk dapat membuat orang lain yang duduk di meja merasa ngeri dan bahkan menghalangi kesempatan Anda untuk diundang lagi oleh orang yang sama; terlepas dari seberapa baik Anda. Orang tua harus mulai menumbuhkan tata krama makan yang baik pada anak-anak sejak mereka masih balita.

 

Namun, apakah Anda memiliki anak pra-remaja yang kembali ke gim video setelah menghabiskan makanannya dalam beberapa menit atau jika anak Anda yang berusia 12 tahun secara terang-terangan menolak untuk mengalihkan pandangan dari ponsel dan tabletnya, tidak ada kata terlambat untuk anak-anak. untuk mempelajari tata krama meja yang baik.

 

Etika makan, bagi anak-anak, mungkin hanya seperangkat aturan tambahan yang harus mereka patuhi. Namun demikian, kunci untuk membuat anak Anda yang lebih tua berperilaku baik adalah dengan memperlakukan mereka seperti orang dewasa dan membuat proses bersantap menjadi pengalaman yang menyenangkan; daripada mendorong mereka untuk mengikuti “aturan”.

 

Apa yang Seharusnya tidak Mereka Lakukan

Anak-anak harus diajari tentang apa yang menyenangkan di meja makan sejak usia muda. Berbicara atau makan dengan suara keras tidak pantas. Tidak ada yang memulai sebelum semua orang duduk atau meninggalkan meja secara tiba-tiba.

 

Seseorang tidak boleh berbicara dengan mulut penuh. Ini menjijikkan bagi orang lain yang duduk dan di meja dan ada juga risiko tersedak. Komentar negatif tentang makanan seperti “makanan ini terasa aneh” sangat tidak cocok.

 

Apa yang Harus Mereka Lakukan

Anak-anak tidak boleh gelisah di kursi dan postur tubuh yang tepat harus dijaga untuk pencernaan yang lebih baik. Penggunaan serbet harus digunakan untuk menyeka makanan dari wajah dan tangan.

 

Bolehkah saya, tolong dan terima kasih harus digunakan saat meminta pengocok garam atau keranjang roti daripada menerjang ke seberang meja. Keterampilan peralatan makan mereka harus dipraktikkan kecuali jika makanan tersebut menyertakan makanan jari yang telah ditentukan.

 

Berikan Contoh Etika yang Baik

Pimpin dengan memberi contoh-Jika Anda sedih karena anak-anak Anda menerima praktik waktu makan yang buruk dari teman-temannya, jangan meremehkan pengaruh Anda. Orang tua harus memastikan bahwa mereka sendiri mengikuti norma tentang apa yang dapat diterima dan tidak.

 

Ini mungkin terdengar sangat sederhana, tetapi orang tua yang santun memiliki anak-anak yang santun. Ikuti etika sederhana yang Anda ingin anak Anda ikuti seperti tidak membawa barang elektronik ke meja atau mencabut gigi.

 

Libatkan mereka dengan memberi mereka tugas-tugas sederhana seperti memotong dan mengupas sambil menyiapkan makanan. Mintalah mereka untuk menata meja setelah mengajari mereka cara melakukannya.

 

Jangan kehilangan kesabaran karena sedikit kelupaan, tetapi luruskan dengan cara yang lebih baik. Hargai lebih dari yang Anda khawatirkan, perbaiki dengan penjelasan sederhana, dan jangan tawarkan imbalan untuk perilaku yang baik.

 

Tetapkan ekspektasi yang realistis, dan kemudian perkuat dengan lembut hingga menjadi kebiasaan. Perlu diingat bahwa setiap etika makan yang baik akan sangat membantu dalam membentuk kepribadian anak Anda dan membantu mereka menumbuhkan kepercayaan diri.

 

Kesimpulannya ialah, mengajari anak tentang tata krama memang perlu dilakukan sedini mungkin agar anak bisa memahami penting nya etika, terlebih lagi etika saat di meja makan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi semua.