Uang Kuno
Hobi

Tips Tepat Merawat dan Menyimpan Uang Kertas Kuno

Bagi para kolektor, peran uang kuno merupakan salah satu benda antik yang banyak diincar. Bahkan untuk harga dari uang yang tidak lagi laku di pasaran ini pun juga tidak jarang bila para kolektor rela mengeluarkan banyak uangnya demi mendapatkan barang koleksinya yang diinginkannya.

 

Jika Anda sudah memiliki uang antik atau kuno untuk Anda jadikan sebagai barang koleksi, tentunya Anda pun harus mengetahui pada tata cara dalam merawat dan menyimpannya agar uang koleksi Anda tetap terjaga dengan baik dan terhindarkan dari kerusakan.

 

Dalam hal mengoleksi uang itu sendiri pun tentunya tidaklah dilakukan dengan sembarang cara, terlebih lagi dalam hal perawatan dan penempatannya yang memang haruslah bisa diperhatikan dengan sebaik mungkin agar uang koleksi Anda tersebut memiliki nilai yang jauh lebih tinggi, oleh sebab itulah penting bagi Anda untuk mengetahui pada tata cara dalam merawat sekaligus menyimpan uang koleksi Anda dengan cara yang benar dan sesuai.

 

Jika Anda belum mengetahui tata cara dalam merawat dan menyimpan koleksi uang Anda, maka Anda dapat untuk mengintip ada beberapa ulasan berikut ini yang akan membantu diri Anda agar bisa melakukan perawatan yang tepat dan tentunya dapat menyimpan uang koleksi Anda dengan sebaik mungkin, karena bagi seorang kolektor, menjaga kualitas dari uang koleksinya adalah suatu hal yang haruslah diperhatikan dan dijaga dengan baik agar nilai artistiknya semakin memukau serta tentunya tidak akan terlekang oleh perkembangan jaman.

 

Berikut ini tata cara dalam melakukan perawatan dan menyimpan uang kuno jenis kertas, yaitu sebagai berikut ini:

 

• Masukan uang kertas kuno Anda ke dalam plastik yang seukuran dengan uang untuk menghindari kontak secara langsung dengan jari-jari tangan, plastik yang harus Anda perhatikan yaitu ukuran plastik, jenis plastik dan ketebalan plastik.

• Pada biasanya kebanyakan para masyarakat mencari cara dalam merawat uang kertas kunonya dengan cara dilaminating agar terlihat lebih simple, akan tetapi hal ini pun tentunya menjadi hal fatal yang dapat untuk mengurangi pada harga jualnya.

• Menyimpan uang kertas kuno Anda di suhu yang stabil dengan kelembaban rendah adalah cara yang tepat untuk Anda lakukan.

• Anda juga dapat menyimpannya di kaleng bekas biskuit atau kue yang ada tutupnya.

Dari uang jenis kertas yang ada di atas, maka Anda juga perlu untuk menyimpan uang koin kuno yang Anda miliki, sedangkan untuk uang koin itu sendiri pun akan jauh lebih mudah dalam penyimpanannya jika dibandingkan dengan uang jenis kertas, bahkan untuk uang koin itu sendiri pun juga jarang membutuhkan perlakuan khusus yang tidak perlu untuk dilakukan, akan tetapi Anda pun juga tetap haruslah menjaga uang koin Anda dengan sebaik mungkin.

 

Sama seperti uang kertas kuno yang Anda miliki bahwa untuk uang koin kuno yang Anda miliki pun alangkah baiknya jika Anda juga harus meminimalisir pada sentuhan tangan secara langsung, karena memang untuk bekas sidik jari tangan ini pun juga akan jauh lebih terlihat dengan jelas, sehingga hal inilah yang berpotensi menjadikan uang koin akan terlihat lebih kusam, terlebih lagi untuk uang koin jenis perak maupun emas.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda dapat untuk menyimpan uang kuno Anda dalam jenis koin ini dapat Anda simpan di toples atau Anda simpan di dalam gelas yang ada tutupnya.